Tips Mengganti Air Radiator Mobil

Tidak sekedar harus tahu bagaimana cara mengganti oli mesin saja, namun pengguna mobil juga harus tahu bahwa air radiator mobil itu seharusnya juga diganti pula. Hal ini berlaku juga untuk system transmisi dan gardan mobil. Idealnya setiap mobil yang sudah mencapai 20 ribu km, maka air radiatornya wajib dikuras habis. Dengan begitu, mutu dari air radiator tersebut menjadi tetap stabil dan berjalan dengan normal. Yang pasti, hal pertama kali yang harus Anda lakukan dalam mengganti air radiator ini adalah buka tutupnya untuk membuang semua suhu panas yang terlalu tinggi. Namun, saat membukanya diharapkan suhunya dalam kondisi yang dingin. Sehingga, akan lebih mudah untuk membukanya.

Cara untuk membukanya adalah cukup dengan gunakan kain yang kering, namun juga tidak terlalu tipis, supaya nantinya air panas tersebut tidak akan melukai tangan Anda tersebut. umumnya, sejumlah tukang radiator mobil akan membuka tutup radiator tersebut saat mesin sedang dijalankan. Sehingga, aliran mesinnya bisa mengurangi adanya tekanan air yang terdapat di dalam radiator tersebut. jika tutupnya sudah terbuka, maka silahkan buka saja baut pembuangannya yang terdapat tepat di bagian bawah. Pada dasarnya, untuk membukanya tutup radiator ini bisa menggunakan obeng, tang, dan kunci L. hal tersebut tergantung dengan jenis mobilnya. Namun, berhati – hatilah bila Anda ingin membukanya, karena airnya bisa melukai Anda. Karena air tersebut cukup panas, apalagi bila Anda membuka dari bagian bawah, hal tersebut bisa membuat muka Anda rawan terkena air panas tersebut.

Bila nanti air radiator mobil tersebut sudah terkuras habis, maka selanjutnya langsung tutup saja kembali bautnya tersebut. bila bautnya ternyata tidak begitu rapat, maka Anda bisa menggunakan selotip supaya tidak bocor. Bila sudah, langsung saja tuang air ke dalam radiator sampai penuh. Kemudian, tutup lagi penutupnya, dan silahkan nyalakan mesin mobil.  Tengok bagian indikatornya, bila sudah menyusut, maka langsung saja ambil air lagi. Dengan begitu, air radiator tidak akan sampai kehabisan.

Leave a Reply