Cara Menanam Hidroponik Cocopeat

Menanam dengan sistem Tanaman hidroponik memiliki berbagai media yang dapat dipergunakan. Salah satunya, adalah cocopeat yang biasa disebut serbuk kelapa. Pembahasan kali ini, mengenai cara menanam hidroponik cocopeat. Bagaimana sih menanam hidroponik dengan media cocopeat. Mari kita simak cara-cara lengkapnya dibawah ini.

Cara Menanam Hidroponik Cocopeat

Cara Membuat Media Tanam Hidroponik Dari Cocopeat atau Serbuk Kelapa

Membuat media tanam dari cocopeat  ini tidak sulit untuk dilakukan sendiri. Mengingat Negara kita ini adalah Negara tropis, maka jelas bahan baku utamanya banyak dijumpai dan tidak sulit untuk ditemukan. Berikut adalah bahan dan cara membuat sendiri media tanam hidroponik cocopeat.

Dimulai dari bahan-bahan yang anda perlukan antara lain :

  1. Cocopeat atau serbuk sabut kelapa sebanyak 5,5 kg
  2. Mesin pengayak
  3. Mesin pengepres

Cara membuatnya adalah

  1. Jemurlah cocopeat atau serbuk kelapa terlebih dahulu selama seharian penuh. Langkah pertama ini bertujuan untuk mengurangi kadar air yang terdapat pada cocopeat atau serbuk kelapa tersebut. Perlu diperhatikan proses ini harus menghasilkan cocopeat yang benar-benar kering.
  2. Setelah cocopeat kering secara sempurna, langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah mengayak serbuk cocopeat hinga mengahsilkan dust atau  hasil ayakan akhir sebagai media tanam hidroponik.
  3. Tahap terakhir dari proses ini adalah pengepresan menggunakan mesin pengepres.
  4. Cocopeat pun siap untuk menjadi media tanam hidroponik.

Cara Menanam Hidroponik dengan Cocopeat.

Setelah pembahasan cara membuat media tanam cocopeat sendiri, selanjutnya adalah penerapan cocopeat ini untuk menanam tumbuhan secara hidroponik. Inilah yang perlu anda siapkan dan lakukan. Siapkan bahan-bahan untuk menanam tumbuhan anda secara hidroponik menggunakan.

  1. Sediakan bibit tumbuhan yang ingin anda tanam. Pilihlah bibit unggul untuk mendapat hasil yang bagus. Setelah memilih bibit, campurkanlah bibit yang anda ingin tanam dengan pupuk kandang dan serbuk gergaji dengan perbandingan 1:1.
  2. Setelah tercampur, masukkan campuran tersebut di dalam cocopeat yang tadi telah anda buat sendiri.
  3. Lakukan perwatan biasanya terhadap tanaman secara wajar dan tidak beerlebihan. Dengan menyiramnya dan lain-lain. Tunggulah sampai tanaman anda makin membesar.
  4. Jika cocopeat sudah tidak dapat menampung akar tanaman anda, maka pindahlah pada wadah yang lebih besar dengan mencabutnya secara hati-hati dan jangan sampai ada akar yang terputus.

Begitulah cara yang bisa saya bagikan tentang menanam hidropinik cocopeat. Semoga berguna. Baca juga Manfaat Tanaman Hijau 3

Leave a Reply