Cara Membuat Hidroponik Dengan Paralon

Ingin bercocok tanam namun lahan yang anda miliki termasuk sempit dan ditambah lagi posisi anda tinggal di perkotaan. Tidak perlu khawatir karena sudah ada cara bercocok tanam yang dapat dilakukan untuk keterbatasan lahan yaitu dengan cara hidroponik. Menanam secara hidropoinik dapat dilakukan dengan berbagai wadah yang bervariasi salah satunya dengan paralon. Paralon sebagai wadah penanaman hidropinik mempunyai kelebihan yaitu karena bentuknya yang panjang jadi dapat dipakai untuk menanam benih dengan jumlah banyak. Bagi anda yang tertarik untuk membuat hidroponik dengan paralon silahkan menyimak artikel dibawah ini yang membahas lengkap bahan-bahan dan langkah-langkah yang perlu anda ketahui.

menanam-bawang-merah

Bahan untuk Membuat Hidroponik dari Paralon

Siapkan bahan- bahan yang diperlukan untuk membuat hidroponik dari paralon.

  1. Pertama, siapkan bahan utamanya yaitu pipa paralon dengan ukuran 2 inch atau 3 inch. Pilihlah pipa yang tidak terlalu tebal agar tidak menyulitkan anda untuk proses pemotongannya.
  2. Bahan kedua adalah lilin yang berfungsi agar lebih mudah melubangi paralon.
  3. Ketiga siapkan alat pemotong yaitu cutter atau pisau untuk memotong paralon.
  4. Cup minuman dari air mineral gelas untuk meletakkan tanaman.
  5. Media tanam atau media semai seperti pasir, sekam bakar, atau kerikil dan lain sebagianya.
  6. Nutrisi untuk tanaman agar dapat membantu menyuburkan.

Cara untuk Membuat Tanaman Hidropnik dengan Pipa Paralon
Inilah waktu yang ditunggu-tunggu yaitu, cara Menaman Cabe dengan pipa paralon. Simak caranya baik-baik ya agar sukses membuatnya.

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan gambar paralon berbentuk lingkaran sesuai dengan ukuran cup air untuk menaruh tanaman nanti.
  2. Beri jarak kira-kira 20 cm agar tidak terlalu dekat saat menggambarnya.
  3. Setelah gambar terbentuk di paralon, panaskan pipa paralon dengan lilin yang sudah dibakar agar melembekkan paralon. Namun perlu diperhatikan, jangan terlalu dekat karena pipa paralon yg tidak digambar bisa mencair.
  4. Jika pipa paralon sudah lebih lembek, buatlah lubang-lubang sesuai ukuran cup air. Jangan lupa untuk memberikan lupang dibawah cup air sebagai jalan masuk air.
  5. Lalu langkah selanjutnya, masukkan cup minuman ke dalam lubang-lubang di pipa paralon yang sudah dilubangi sesuai ukuran tadi.
  6. Masukkan media tanam atau media semai dan bibit tumbuhan yang anda ingin tanam pada cup air minum.
  7. Untuk proses penyiramannya, anda dapat melakukannya dengan  cara memasukkan selang air dari ujung pipa secara teratur.

Itulah cara yang bisa saya bagikan untuk membuat hidroponik dengan paralon. Bahan-bahan yang digunakan tidak menguras kantong dan dapat memanfaatkan barang bekas disekitar anda. Caranya pun tidak susah bukan. Untuk menyiraminya pun anda tidak perlu pompa air yang akan mengguras kantong anda. Selamat mencoba dan salam manfaat. Baca juga Cara Menanam Hidroponik Cocopeat

Leave a Reply